16 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

  16 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Fisik dan Mental Manfaat minum kopi setiap hari tanpa gula antara lain berpotensi menurunkan berat badan, menimbulkan rasa sejahtera, dan menurunkan risiko kanker usus besar. Minum kopi di pagi hari sepertinya merupakan kebiasaan yang baik karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minum kopi pahit tanpa gula terbukti efektif menurunkan berat badan, kesehatan organ hati, dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Meski demikian, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi kopi secukupnya dan tidak berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak meminum minuman yang mengandung kafein setiap hari dapat menimbulkan efek samping. Jangan abaikan manfaat kopi berikut ini untuk kesehatan: 1. Hidup lebih lama Peminum kopi rutin memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat beberapa penyakit yang umum terjadi pada wanita, hal ini kita ketahui dari beberapa penelitian. Penyakit-Penyakit Ini B. Penyakit Jantung Koroner, Stroke, Kencing Manis dan Penyakit Ginjal. Mengh

10 Manfaat Cokelat dan Tips Aman Mengkonsumsinya

10 Manfaat Cokelat dan Tips Aman Mengkonsumsinya

Manfaat coklat bagi kesehatan sangatlah beragam. Salah satu manfaat coklat adalah tidak hanya sebagai camilan yang nikmat, namun juga membuat Anda merasa nyaman. Namun konsumsi coklat secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat mengonsumsi coklat.

Cokelat terbuat dari biji kakao dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Oleh karena itu, coklat sering digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue, cookies, permen, dan es krim.




10 Manfaat Coklat dan Tips Aman Konsumsinya 

Konsumsi coklat seringkali dikaitkan dengan penambahan berat badan, namun sebenarnya coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat mendatangkannya. Itu karena coklat kaya akan antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan katekin yang diketahui baik untuk Anda.

Beragam Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Mengonsumsi coklat dalam jumlah yang cukup mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Menambah Energi

Meski tidak sebanyak kopi, coklat ternyata mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan energi. energi. Oleh karena itu, mengonsumsi coklat dalam jumlah sedang dapat membantu Anda merasa lebih termotivasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan mood Anda

Penelitian menunjukkan bahwa makan coklat merangsang otak Anda untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, sehingga membuat Anda merasa bahagia. Selain itu, coklat juga dapat mengurangi hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat stres.

Berkat dua fungsi di atas, coklat dikenal dapat meningkatkan mood sehingga cocok dikonsumsi sebagai mood booster.

3. Pengendalian Nafsu Makan

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat, terutama coklat hitam, sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Efek ini menghalangi Anda mengonsumsi makanan lain. Dengan begitu berat badan Anda akan tetap terjaga.

Namun perlu diingat bahwa konsumsi coklat secara berlebihan, terutama coklat dengan tambahan gula atau susu, justru dapat menyebabkan penambahan berat badan.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat coklat ini karena kandungan flavonoid yang dikandungnya. Flavonoid sendiri diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terserang bakteri dan virus patogen.

5. Pengendalian Gula Darah

Manfaat yang sama pentingnya dari flavonoid yang ditemukan dalam coklat adalah kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Namun, untuk memanfaatkan manfaat tersebut, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih coklat yang Anda konsumsi. Beberapa jenis coklat memiliki tambahan gula yang justru dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan.

6. Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otak

Konsumsi berbagai jenis coklat dalam jumlah sedang, termasuk coklat hitam, diduga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Ini karena kandungan flavonoidnya membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Selain itu, katekin yang terkandung dalam coklat mencegah penurunan fungsi otak dan memiliki efek mengurangi risiko demensia dan demensia.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat coklat selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Flavonoid yang dikandungnya mengurangi penyerapan kolesterol sehingga mempengaruhi kadar kolesterol total dalam tubuh. Selain itu, flavonoid juga membantu menghilangkan kolesterol melalui tinja.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Meski tidak secara langsung mengobati atau mencegah penyakit jantung, namun kandungan flavonoid pada coklat diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kondisi ini tentu baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

9. Mencegah Stroke

Flavonoid yang terdapat pada coklat tidak hanya mencegah penyakit jantung, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Efek ini menjadikan coklat sebagai makanan yang cocok untuk mencegah stroke. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efektivitas coklat dalam pencegahan stroke.

10. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Antioksidan yang terdapat pada coklat diduga dapat mencegah kerusakan sel salah satu penyebab kanker. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi coklat secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Namun penelitian mengenai efek antikanker coklat masih sangat terbatas, dan diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai peran coklat dalam mencegah proliferasi sel kanker.

Tips Aman Makan Cokelat

Terlalu banyak mengonsumsi coklat, terutama coklat yang diberi tambahan gula, memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun juga dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan seperti kerusakan gigi dan obesitas.

Cokelat dan bahan tambahannya, seperti kacang-kacangan dan susu, dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Selain itu, coklat juga mengandung kafein yang bila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti peningkatan denyut jantung, sering buang air kecil, gangguan tidur, sembelit, dan migrain.

Untuk menjamin keselamatan Anda dan menghindari risiko tersebut, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat mengonsumsi coklat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat mengonsumsi coklat:

Pilihlah dark chocolate dengan kandungan kakao 70-85%.

Coklat susu biasanya mengandung gula dan tinggi lemak, jadi berhati-hatilah untuk tidak memakannya terlalu banyak.

Batasi asupan coklat sedikitnya 25 sampai 30 gram per hari.

Mohon diperhatikan nilai gizi yang biasanya tertera pada kemasan coklat batangan atau coklat bubuk sebelum dikonsumsi.

Jika Anda mengalami gejala tertentu setelah makan coklat, seperti sakit kepala, mual, atau muntah, segera dapatkan bantuan medis untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain itu, dokter Anda dapat menetapkan batasan asupan coklat berdasarkan kondisi Anda untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari coklat.

Komentar