16 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 

16 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat minum kopi setiap hari tanpa gula antara lain berpotensi menurunkan berat badan, menimbulkan rasa sejahtera, dan menurunkan risiko kanker usus besar. Minum kopi di pagi hari sepertinya merupakan kebiasaan yang baik karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minum kopi pahit tanpa gula terbukti efektif menurunkan berat badan, kesehatan organ hati, dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Meski demikian, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi kopi secukupnya dan tidak berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak meminum minuman yang mengandung kafein setiap hari dapat menimbulkan efek samping.

Jangan abaikan manfaat kopi berikut ini untuk kesehatan:

1. Hidup lebih lama

Peminum kopi rutin memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat beberapa penyakit yang umum terjadi pada wanita, hal ini kita ketahui dari beberapa penelitian.

Penyakit-Penyakit Ini B. Penyakit Jantung Koroner, Stroke, Kencing Manis dan Penyakit Ginjal. Menghindari penyakit-penyakit ini secara tidak langsung memperpanjang umur Anda dan membantu Anda hidup lebih lama.

2. Hindari Diabetes

Sebuah teori menyebutkan bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Manfaat ini sangat penting bagi kesehatan Anda, mengingat diabetes merupakan penyakit yang hanya bisa dikendalikan dan tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Untuk menghindari risiko diabetes, batasi atau hilangkan penggunaan gula dalam kopi bubuk Anda.

3. Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Mengonsumsi satu hingga dua cangkir kopi setiap hari dapat membantu mencegah gagal jantung. Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung menjadi lemah dan tidak dapat memompa cukup darah untuk mendistribusikannya ke seluruh tubuh.

4. Mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson.

Kafein dalam kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit Parkinson. Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu penderita penyakit Parkinson mengontrol pergerakan tubuhnya dengan lebih baik.

5. Hati yang Sehat

Kopi biasa dan kopi tanpa kafein memiliki efek perlindungan pada hati. Diketahui bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki kadar enzim hati dalam kisaran normal dibandingkan dengan orang yang jarang minum kopi.

6. Memiliki DNA Lebih Kuat

Kopi dark roast terbukti mengurangi putusnya untai DNA. Untaian DNA yang rusak ini pada dasarnya terjadi secara alami.

Namun, seiring berjalannya waktu, untaian DNA yang putus atau rusak ini dapat menyebabkan berkembangnya kanker dan tumor jika tidak diperbaiki oleh sel-sel tubuh.

7. Mengurangi risiko terkena kanker usus besar

Satu dari 23 wanita berisiko terkena kanker usus besar. Namun penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara rutin, baik reguler maupun tanpa kafein, dapat mengurangi risiko tersebut.

8. Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

Manfaat kesehatan lainnya dari minum kopi adalah mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita berusia di atas 65 tahun yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena demensia. Faktanya, kafein dalam dua cangkir kopi juga dapat melindungi dan mencegah penyakit Alzheimer.

9. Menurunkan risiko stroke

Minum satu cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko stroke. Stroke merupakan penyebab kematian keempat pada wanita.

10. Mengurangi Peradangan Pada Tubuh

Biji kopi mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang mengurangi peradangan pada tubuh. Mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung antioksidan secara rutin dapat mengurangi peradangan yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit seperti sindrom metabolik, diabetes, dan obesitas.

11. Menimbulkan perasaan sejahtera

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan adanya emosi positif seperti kepuasan, keramahan, cinta, ketenangan, dan kebahagiaan. Mereka juga menemukan bahwa tidak ada emosi negatif yang terkait dengan konsumsi kopi.

Sebuah penelitian di Universitas Harvard terhadap 50.000 wanita menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko depresi.

12. Meningkatkan efektivitas latihan

Asupan kafein dalam jumlah sedang dapat meningkatkan performa latihan.

Karena kafein mempunyai efek positif dalam melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan otot, kebugaran, kekuatan otot, dan mengurangi nyeri. Manfaat ini juga meningkatkan efektivitas olahraga.

13. Tidak menyebabkan dehidrasi bila diminum secara teratur.

Kopi adalah minuman diuretik yang membantu mengeluarkan urin dari tubuh. Secara umum, mengonsumsi kafein seperti kopi dapat menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Karena efek tersebut, sebagian orang khawatir bahwa minum kopi dapat menyebabkan dehidrasi.

Namun penelitian menunjukkan bahwa kopi tidak menyebabkan dehidrasi bila dikonsumsi secara rutin. Jika Anda rutin mengonsumsi kopi selama empat hari berturut-turut, tubuh Anda juga akan terbiasa dengan efek diuretiknya.

14. Kopi Tanpa Kafein Tetap Mengandung Antioksidan

Meski kandungan kafeinnya telah dihilangkan, kopi tanpa kafein dapat melindungi dari penyakit kronis. Ini karena kopi tanpa kafein mengandung antioksidan.

Jadi, jika Anda tidak ingin bangun tidur, namun tetap ingin mendapatkan manfaat dari sifat antioksidan tubuh, kopi tanpa kafein adalah alternatif yang layak.

15. Mencegah penurunan kognitif

Minum kopi membantu mencegah penurunan kognitif yang mempengaruhi kemampuan berpikir. Kopi berkafein juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan daya ingat dalam waktu 24 jam setelah dikonsumsi.

Inilah manfaat kopi bagi kesehatan. Ingatlah untuk membatasi asupan kopi Anda setidaknya 6 jam sebelum tidur untuk memastikan tidur malam yang nyenyak.

Jadi berapa banyak kopi dan kafein yang boleh dikonsumsi dalam sehari? Batas atas asupan kafein adalah 400 miligram per hari atau 3 hingga 5 cangkir kopi.

16. Jaga berat badan ideal

Manfaat minum kopi rendah kalori bebas gula dapat membantu Anda menjaga berat badan ideal. Hal ini tidak lepas dari manfaat kafein yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak. Oleh karena itu, meminum kopi hitam tanpa tambahan gula mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang sedang diet.

Kopi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, namun jangan terlalu banyak minum kopi. Menurut Mayo Clinic, aturan konsumsi kopi yang wajar setiap hari adalah 3 hingga 5 cangkir atau sekitar 400 mg kafein per hari. Selain itu, sebaiknya jangan minum kopi di malam hari, karena dapat mengganggu tidur. Selain itu, hindari menambahkan gula atau krim ke dalam kopi Anda karena dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Cobalah campuran kopi alternatif seperti ekstrak vanila, kapulaga, kayu manis, dan bubuk kakao.

 

Komentar